Pementasan ‘AIR’

Pementasan Teater Multimedia

‘ Air ‘

oleh komunitas kesenian CCL (Celah-Celah Langit)

pimpinan Iman Soleh.
di Saung Angklung Udjo, 29 Maret 2007

Ini salah satu pementasan yang sempat kami hadiri, event yang semakin kini semakin langka, langka penyelenggaraan maupun langka apresiasi. Memperhatikan masyarakat negara lain yang masih punya apresiasi terhadap even-even kebudayaan, masyarakat kita justru lebih tertarik pada even-even yang sifatnya komersial dan hiburan. Pementasan sejenis ini, yang punya isi, yang bisa membawa penontonnya merefleksi diri, sudah tidak lagi punya daya tarik atau sebaliknya masyarakat sudah tidak lagi peduli.

Pementasan ini mengusung tema lingkungan, tentang Air, isu yang perlu dapat perhatian kita bersama saat ini. Saat para pemeran berteriak sambil menatap nanar “TIDAK ADA!”, yang lain menyahut “DISINI JUGA TIDAK ADA!”, kita bisa merenung saat nanti air benar-benar sudah tidak ada… Maka yang akan muncul hanyalah tinggal air mata…

Pementasan ini dibuka oleh lagu-lagu yang dibawakan oleh Abah Iwan Abdurahman, rangkaian prakata yang pas untuk apa yang ditampilkan teman-teman dari CCL. Pementasan ini sempat ditampilkan di World Performing Arts Festival di Pakistan bulan November 2006. Sebetulnya sayang saat masyarakat kita sendiri tidak banyak hadir untuk bisa mengapresiasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s