Workshop Pembuatan Media Pengolah Sampah Rumah Tangga

Tanggal 29 Agustus, Semi Palar menyelenggarakan workshop pembuatan media pengolahan sampah untuk para orang tua. Saya beruntung bisa ikut terlibat di dalamnya. Fasilitatornya dari kelompok GemaPelikan (Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan); saat itu hadir Bpk Vinan dan Bang Subay yang membimbing peserta dalam workshop itu.

Pesertanya cukup banyak dari orang tua siswa dan tampaknya cukup antusias bahkan hingga saatnya kita harus mencoba sendiri membuat medianya. Mengaduk-aduk resep (termasuk di dalamnya pupuk kandang) sesuai takaran yang ditentukan untuk kemudian dibawa pulang. Media ini dibuat sebagai tempat tinggal dan berkembang-biaknya bakteri pengurai. Hasil akhirnya, selain hancurnya sampah organik (sampah dapur) adalah akumulasi bahan kompos yang bisa dimanfaatkan untuk penyubur tanaman. Menarik sekali.

Kalau ini berjalan (kita bisa menjaga kondisi media – inokulan namanya – ideal untuk berkembangnya bakteri), kita bisa mengurangi keluarnya sampah dari rumah kita, selain juga menghilangkan sampah basah – busuk – berbau di rumah kita yang otomatis juga sumber penyakit dan lainnya. Semoga apa yang kita coba ini berhasil. Paling tidak kita bisa melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk lingkungan hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s