4 tahun komunitas Bike2Work Bandung

Hari ini ulang tahun ke empat Bike2Work Bandung. Sudah cukup lama saya berkenalan dan menyatakan diri bergabung dan mendukung gerakan ini. Gerakan yang buat saya pribadi sangat keren dan sangat visioner. Situasi iklim bumi kita yang sekarang ini tidak keruan – dengan apa yang didefinisikan sebagai Global Warming dan lain sebagainya, memang menuntut tindakan nyata dari kita semua – setiap individu manusia untuk melakukan sesuatu – merubah gaya hidup dan perilaku sehari-hari untuk bisa menghentikan krisis yang sekarang ini terjadi.

Manusia, kalau kita pikirkan, memang spesies yang paling cerdas di muka bumi ini. Ciptaan Tuhan yang paling luar biasa. Tapi juga paling (maaf kalau kasar) : BRE***EK!  ditulis dengan huruf kapital, tanda seru dan cetak tebal. Di seluruh muka bumi ini tidak ada lagi makhluk selain manusia yang menghasilkan limbah dan merusak lingkungan hidupnya sendiri. Makhluk hidup lain hidup berdampingan (coexist) di muka bumi ini dalam kesetimbangan. Manusia-lah yang karena keserakahan, kemalasan, dan segala ketidak-peduliannya akhirnya merusak lingkungan hidupnya dan kita sampai di titik di mana manusia membahayakan kelangsungan hidupnya sendiri. 

Kembali bersepeda (dan berjalan kaki) adalah gerakan paling masuk akal dan sangat bisa dilakukan oleh kita semua, saat ini juga. Komunitas, gerakan dan kampanye Bike2Work menjadi salah satu hal yang perlu kita dukung dan kita dorong bersama agar semakin masuk menjadi bagian dari pola hidup kita semua khususnya masyarakat kota Bandung.

Jum’at sore itu saya mampir di Cikapayang dan bertegur sapa dengan rekan-rekan yang bersepeda sepulang kerja dan mengenakan atribut khas Bike2Work. Sudah cukup lama saya tidak mampir ke sana, dan menyenangkan sekali bertemu dan berkenalan dengan wajah-wajah baru mulai dari para profesional, mahasiswa dan pelajar yang berkumpul untuk satu gerakan dan kesadaran yang sama.

Dari Taman Cikapayang, kita bergerak ke Plaza Dago untuk seremoni kecil di sana dan melanjutkannya dengan konvoi keliling kota Bandung. Empat tahun saya yakin bukan waktu yang pendek, bukan proses yang mudah bagi sebuah komunitas. Apalagi untuk sebuah komunitas yang seakan bergerak melawan arus. Melawan arus karena selagi dinamika peradaban sedang bergerak meningkatkan industri, teknologi dan segala hal yang mendampinginya, kelompok kecil ini ingin mengajak kita semua melangkah mundur. Daripada berkendaraan, ayo bersepeda. We have to go backward, to move forward!

Buat saya pribadi, saya juga masih harus terus memperkuat komitmen diri untuk lebih konsisten lagi bersepeda, berjalan kaki atau berkendaraan umum. Banyak hal menyangkut pola hidup kita yang perlu dirubah. Dari mana kita mulai, tentunya dari kesadaran. Kesadaran bahwa hal tersebut adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Terima kasih untuk teman2 di komunitas Bike2Work yang terus konsisten dengan gerakannya dan menjadi inspirasi besar buat saya untuk melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s