menantikan ‘The Jigsaw of the Universe", sebuah catatan perjumpaan

Sudah lama saya gak mboseh… sejak sebulan yang lalu punya kesempatan (dan motivasi tambahan) lagi untuk membebaskan sepeda kesayangan dan mengeluarkannya dari tempat parkirnya yang berdebu.
Sejak sebulan lalu, saya berkesempatan mengajak anak saya bersepeda di jalanan kota Bandung untuk sebuah aktivitas komunitas rutin di Taman Balai Kota. Bagi saya ini adalah kesempatan juga untuk beraktivitas fisik dengan bersepeda sambil menikmati suasana akhir minggu kota Bandung. 
Dari Balai Kota, biasanya saya mengarahkan sepeda ke arah utara. Di bilangan Dago Simpang ada kediaman teman dekat saya Yusuf yang seringkali saya jadikan tujuan untuk singgah dan berbincang. Teman sejak kuliah ini memang teman mengobrol yang mengasikkan. Selain teman saya itu, ayahnyapun teman berbincang yang luar biasa. Oom Hadi, biasa saya memanggilnya adalah seorang akademisi. Beliau pakar geologi dengan minat dan wawasan yang sangat luas. Seorang yang saya yakini gemar berpikir dan merenungkan banyak hal. Nama beliau adalah MM. Purbo Hadiwijoyo. Isu-isu ke-bahasa-an adalah salah satu minat terbesar beliau. 
Di hari ini, kebetulan beliau sedang duduk membaca buku di teras depan rumahnya sambil berjemur di sinar matahari pagi. Sayapun segera menyapa beliau, setelah entah berapa lama kami tak saling jumpa. Luar biasa melihat beliau dalam kondisi kesehatan dan kebugaran yang luar biasa. Ya, beliau sudah berumur 92 tahun. Beliau masih ingat betul siapa saya, masih ingat siapa dan di mana ayah saya bekerja dan lain-lainnya. Beliau sedang membaca majalah-majalah berbahasa Jerman, dan sewaktu saya mengungkap kekaguman saya tentang kebugaran beliau, beliau langsung mengambil salah satu majalah yang sedang dibacanya yang (lihat gambar di atas) bertemakan tentang Fitness. 
Selain dulu mengajar, beliau juga senang menulis buku. Saya beruntung sudah beroleh beberapa judul buku langsung dari beliau. Yang tak kalah luar biasa, di usianya yang sekarang inipun beliau sedang menulis sebuah buku dengan judul yang sangat menarik buat saya “The Jigsaw of the Universe”. Judulnya sendiri belum final, oom Hadi dan Yusuf putranya masih berdiskusi judul mana yang lebih pas, apakah Puzzle atau Jigsaw, tapi saya membayangkan isinya akan sangat menarik mengenali hal-hal apa yang ada di benak beliau. Lagipula kata kunci kepingan (puzzle) dan semesta (universe) sedang jadi wacana yang sedang sangat menarik minat saya beberapa tahun terakhir ini. 
Yang jelas pertemuan dengan oom Hadi hari ini sangat inspiratif buat saya. Betapa beliau masih sangat produktif dan kreatif di usianya yang sudah sangat lanjut. Selain juga kondisi fisiknya yang luar biasa… Saat ini tulisan2 pemikiran beliau sedang dituliskan dalam sebuah blog… yang ingin segera saya intip apa isinya. Sambil bercerita tentang itu Yusuf berkisah juga bahwa sayapun punya sebuah blog… hanya saja sudah sangat lama tidak terupdate – karena waktu dan perhatian yang terbagi untuk juga memelihara blog Rumah Belajar Semi Palar. Walaupun begitu toh perjumpaan ini jadinya memicu saya untuk kembali menghembuskan kehidupan – menuangkan catatan2 perjalanan di jurnal daring ini – yang sudah cukup lama terbengkalai. 
Terima kasih oom Hadi, semoga tetap sehat dan produktif, tetap berbagi kepada sesama… Buku yang sedang dituliskan, The Jigsaw of the Universe sangat saya nantikan untuk bisa saya serap wacana2nya melengkapi kepingan pemahaman saya tentang semesta dan kehidupan kita manusia di dalamnya… Salam hormat oom Hadi. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s