betulkah sedang terjadi Krisis Iklim?

Saat diajak untuk melakukan sesuatu – pilah sampah dan lain sebagainya, biasanya muncul pertanyaan, memangnya kenapa? Mungkin sepanjang hidup, kita hanya sekedar membuang sampah2 kita ke luar rumah – tanpa tahu dan peduli jadi apa dengan sampah kita di luar sana – yang ternyata jadi masalah besar di Tempat Penimbunan Akhir (menjadi gas Metan) atau mengotori jalanan dan lautan…

Debat tentang perubahan iklim sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Hal ini terjadi karena banyak sekali kepentingan politik dan industri yang berbenturan saat kita semua (seluruh warga dunia) perlu mengubah segala sistem kehidupan karena terlalu bersandar pada bahan bakar fosil (fossil fuel) dan segala turunannya yang kemudian mengakibatkan emisi CO2 berlebihan dan akhirnya mengubah suhu bumi secara signifikan dalam waktu singkat. Krisis Iklim adalah dampak lanjutan dari hal-hal yang saya tuliskan di atas ini.

Saya sendiri mengikuti isu-isu terkait perubahan iklim sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Bagi saya, tingkat kegentingan (urgensinya) sangat terasa saat menemukan tagar #wedon’thave time beberapa waktu lalu.

Saya bukan ahli lingkungan, tapi di sini saya ingin mencoba meyakinkan siapapun yang membaca posting ini dengan menampilkan beberapa hal dari apa yang sudah saya baca dan pelajari dari jutaan informasi yang simpang siur di Internet.

Pelajari lebih jauh!
Pahami apa yang sedang terjadi!

Penjelasan Ilmiah tentang Perubahan Iklim

Banyak orang berpendapat iklim selalu berubah (secara ilmiah) sepanjang sejarah bumi. Ya, tapi perubahan yang terjadi secara alamiah sangat berbeda dengan apa yang terjadi sejak revolusi Industri saat manusia mulai menemukan mesin uap dan merancang berbagai teknologi dan menggunakan begitu banyak energi berbahan dasar minyak. Sains menjelaskan tentang hal ini – salah satunya melalui filem di bawah ini.

Jejak 40 tahun perubahan iklim dari kacamata saintis dan jurnalis

Di bawah ini dua video dari seorang saintis Internasional dan seorang jurnalis yang selama lebih dari 40 tahun terjun secara langsung meneliti dan mengikuti dinamika perubahan iklim.

Video yang pertama sangat menarik – merekam diskusi antara salah seorang saintis iklim dunia berhadapan dengan satu ruangan yang berisikan orang-orang yang skeptis terhadap isu perubahan iklim dan pemanasan global. Penting diingat bahwa debat ini berlangsung 8 tahun yang lalu – di mana sudah terjadi berbagai perubahan dan banyak temuan2 baru sampai hari ini.

The Sceptics @University of New South Wales – June 2011
bersama Prof. Stephen Schneider alm. (dari Stamfor University) (45:42)

Video di bawah ini adalah wawancara jurnalis iklim CBC (Canadian Broadcasting Corporation) yang juga mengikuti segala dinamika dan berbagai temuan ilmiah di seluruh dunia selama 40 tahun terakhir.

Wawancara dengan Jurnalis Iklim dari CBC, Bob McDonalds (19:56)

Lalu apa selanjutnya?

Kita perlu meyakinkan diri bahwa hal-hal ini memang terjadi dan kita memiliki peran di dalamnya, karena kita juga mengonsumsi energi berbasis fosil di kegiatan kita sehari-hari : saat berkendaraan, terbang saat travelling, belanja juga saat mengonsumsi barang2 hasil industri, menghasilkan sampah dan lain sebagainya.

Selanjutnya saat kesadaran itu sudah ada, kita perlu berpikir lanjut – apa yang kemudian bisa kita lakukan – sebagai individu yang bisa menjadi bagian dari solusi – alih-alih menjadi bagian dari masalah

Kenapa? Kita tahu jawabannya, untuk masa depan planet bumi dan kehidupan kita semua – terutama anak cucu kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s